Strategi Marketing Online Melalui Media Sosial

Sebagai negara berkembang yang memiliki situs jejaring sosial terbanyak di dunia. Tidak bisa dipungkiri bahwa jejaring sosial seperti instagram, facebook, youtube, twitter, messenger, line, whatsapp dan bahkan BBM bukanlah hal yang tabu bagi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu tentunya tidak heran jika jejaring sosial saat ini digunakan sebagai salah satu alterative bagi para pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau memperkenalkan bisnisnya lebih luas lagi melalui strategi marketing online.

Saat seseorang ingin memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk atau jasanya tentunya anda harus membangun sebuah strategi terlebih dahulu. Ketika media sosial dijadikan sebagai tool marketing yang sangat efektif untuk membantu dalam strategi marketing online maka tidak ada salahnya jika para pebisnis memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan. Lalu, bagaimana strategi marketing online melalui media sosial itu? Berikut penjelasannya!

Inilah Strategi Marketing Online Yang Bisa Dilakukan Melalui Media Sosial

Berikut ini strategi marketing online melalui media sosial yang daoat anda terapkan untuk menambah wawasan anda dalam menyusun strategi pemsaran online untuk bisnis yang akan anda jalankan :

  1. Membangun Sebuah Fans Club

Jika bisnis anda sudah memiliki banyak pelanggan, maka salah satu hal yang perlu anda ketahui yaitu seberapa besar respon dari konsumen terhadap produk yang telah anda jual atau tawarkan, apakah produk bisnis tersebut bagus atau sebaliknya. Namun, yang menjadi permasalahannya ditakutkan ada beberapa konsumen yang malah tidak suka sehingga strategi yang harus anda lakukan yaitu membuat perkumpulan khusus untuk para konsumen yang ingin mengeluarkan keluhannya dan apa yang diinginkan terkait produk yang akan anda jual.

  1. Bereaksi Secara Efektif

Strategi marketing online melalui media sosial berikutnya yaitu bereaksi secara efektif. Bereaksi secara efektif ini berarti anda tetap berusaha untuk memberikan respon dari berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan produk yang anda jual secepat mungkin. Jika anda memiliki beberapa media sosial khusus jualan maka usahakan semua media sosial tersebut selalu up to date. Buatlah para calon konsumen anda percaya bahwa bisnis yang sedang anda jalankan benar-benar nyata dan aktif atau fast respon.

  1. Selalu Mendengarkan Apa Yang Disampaikan Konsumen

Media sosial memang menjadi salah satu tempat untuk anda dalam mengindentifikasi keinginan konsumen. Salah satu contohnya yaitu jika bisnis anda bergerak di bidang fashion dan kemudian di media sosial anda melihat beberapa konsumen yang menginginkan salah satu model baju yang dijual di sosial media anda namun konsumen tidak bisa menjangkau langsung maka dari pengamatan tersebut hal yang harus anda tambahkan yaitu layanan delevery order.

  1. Mengkomunikasikan Pesan Promosi

Nah, strategi marketing online berikutnya yaitu mengkomunikasikan pesan promosi. Usahakan setiap postingan yang anda bagikan berisi tentang promosi. Nah, jika bisnis anda sudah memiliki banyak peminat atau konsumen maka saatnya anda mengembangkan lagi bisnis anda dengan menjalin relasi agar produk yang anda jual lebih dikenal lagi.

Itulah beberapa strategi marketing online melalui media sosial yang bisa diterapkan di bisnis anda. Semoga bermanfaat!

 

7 thoughts on “Strategi Marketing Online Melalui Media Sosial”

Leave a Reply

Your email address will not be published.